Rabu, 19 Maret 2008

Flu Burung Kids untuk Siswa SD

Sabtu, 01 Mar 2008

Untuk menekan angka penularan virus avian influenza di Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan setempat melakukan penyuluhan intensif kepada siswa sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Tangerang. Kegiatan yang diberi nama "Flu Burung Kids" ini akan dilaksanakan secara bergilir di 1.531 SD dan setingkatnya, dimulai Maret sampai bulan Mei mendatang.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Yuliah Iskandar kepada Jurnal Nasional mengatakan, penyuluhan yang dilakukan oleh pihak Dinkes bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Dan materi yang disampaikan, akan disesuaikan dengan minat siswa SD.

“Kita akan sampaikan dengan bentuk permainan yang menyenangkan siswa,” ujar Yuliah (29/2).

Penyampaian materi juga akan disampaikan melalui visual dengan memutar film yang bercerita, mulai dari pencegahan flu burung sampai dampak dari penyakit yang mematikan tersebut.

“Film yang diputar adalah film berbentuk kartun, agar siswa mudah mencernanya,” ujar Yuliah, yang juga akan membagikan kaset CD film kepada pihak sekolah. Selain penyampaian materi, Dinkes juga akan membagikan spanduk serta buku cerita tentang flu burung.

Dia menambahkan para guru di tiap sekolah juga akan diberi pelatihan pendidikan penyuluhan standar. “Kita juga berharap, agar pemberian materi tentang bahaya flu burung juga disisipkan pada saat materi pelajaran.”

Irfan Fikri

Tidak ada komentar: