Rabu, 19 Maret 2008

Wereng Serang Petani Tangerang

Sejumlah lahan padi di wilayah pantai utara (Pantura) Kabupaten Tangerang terancam puso karena hama wereng. Kondisi ini mengakibatkan panen raya pada April mendatang terancam gagal.

Kosasih (30) petani di Kecamatan Sukadiri, Tangerang kepada Jurnal Nasional mengungkapkan, lahan pertaniannya terkena hama wereng cokelat. Dirinya sama sekali tak menyangka, lahan pertaniannya terkena hama wereng. Seminggu yang lalu ketika dicek, tanaman padinya sudah mulai menguning.

”Saya kaget, ditemukan puluhan wereng hinggap di batang padi,” tuturnya Jumat (7/3) kemarin.

Saat itu juga, dia melaporkan kasus ini kepada petugas pemantau lapangan (PPL) pertanian di Kecamatan Sukadiri. Petugas langsung menuju lokasi yang terkena hama wereng. Kosasih mengatakan, sekitar 1 hektare lahan padinya terkena hama wereng jenis wereng batang cokelat.

Kepala Seksi Produksi Padi, Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, Omar Wiharjana, mengakui jika saat ini areal pesawahan sedang rentan terkena hama. “Ada peralihan musim,” kata Omar.

Kendati demikian, penurunan itu masih dalam kategori wajar. “Penurunan hasil panen sebesar 5-10 persen akibat serangan hama masih terbilang normal,” katanya. Selain akibat perubahan musim, lanjut Omar, hama juga bisa disebabkan oleh benih dan cara petani memelihara padi.

“Pemupukan yang tidak teratur bisa menyebabkan munculnya hama,” kata Omar. Hama yang sering menyerang padi di Kabupaten Tangerang biasanya adalah hama wereng, hama putih, dan tikus.

Irfan Fikri

Tidak ada komentar: