Rabu, 19 Maret 2008

Ribuan Lavender Ditanam untuk Atasi DBD

Sabtu, 01 Mar 2008

Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit demam berdarah dengue (DBD), Puskesmas Teluk Naga Kabupaten Tangerang menanam dua ribu tanaman lavender. Tanaman jenis ini, dianggap ampuh mengusir nyamuk Aides aegypti penyebab demam berdarah.

“Hasil penelitian dari para ahli, bahwa lavender bisa mengusir nyamuk Aides aegypti. Kami harap pola ini dapat menekan angka penularan DBD di Kecamatan Teluk Naga,” ujar Kepala Puskesmas Teluk Naga, Indra Suhardi Jumat (29/2).

Indra menuturkan, pihaknya sudah menyediakan dua ribu pohon lavender hasil kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang. Ribuan pohon ini akan disebar dan dibagikan secara gratis untuk seluruh warga sampai bulan Agustus 2008 nanti.

“Warga juga diminta untuk membudidayakan tanaman ini di halaman rumah mereka. Lagipula, bunga lavender wangi dan indah seperti tanaman hias lainnya,” kata Indra.

Penanaman ribuan tanaman pengusir nyamuk ini, menyusul terjangkit belasan warga setempat awal pekan kemarin. Selain penanaman ribuan tanaman lavender, lanjut Indra, pihak puskesmas juga tetap mengintensifkan pengasapan atau fogging.

Tidak ada komentar: