Rabu, 19 Maret 2008

DBD Merebak, Satu Korban Meninggal

| Tangerang | Selasa, 11 Mar 2008


Tangerang | Jurnal Nasional
Serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) kembali memakan korban
jiwa. Sayuti (7), bocah yang tinggal di RT 04 RW 01 Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, meninggal dunia akibat penyakit DBD, Minggu (9/3) malam. Sebelumnya ia sempat menjalani perawatan medis di RSUD Tangerang selama dua hari.

Agus, ayah korban yang ditemui Jurnal Nasional dikediamannya Senin (10/3) mengatakan, awalnya dirinya tidak mengira bahwa demam yang diderita putra ketiganya ini merupakan gejala DBD. "Sejak Rabu (5/3) Sayuti mengalami demam. Saya kira anak saya hanya terkena demam biasa, jadi hanya saya belikan obat warung," tuturnya.

Ketua RW 04 Desa Mekar Jaya, Aswad mengatakan, empat warga di wilayah RT itu juga terkena DBD dan masih menjalani perawatan, baik di rumah sakit maupun di Puskesmas Sepatan. Pihaknya telah sering melaporkan kondisi ancaman penyakit DBD di wilayahnya ini kepada intansi kesehatan maupun aparat pemerintahan setempat. Namun, belum ada tindakan nyata. Baru ketika ada laporan korban meninggal, digelar penyemprotan massal dan penyuluhan dari puskesmas setempat.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Hani Herianto mengatakan, pihaknya telah mengetahui adanya korban meninggal akibat DBD tersebut tapi belum menerima laporan resmi. Menurut dia, Dinkes tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat bahwa salah satu tindakan sederhana mencegah wabah DBD adalah melakukan 3M yaitu Mengubur, Menguras, dan Menutup.

Diperlukan juga peran serta masyarakat untuk membiasakan hidup sehat dan menjaga lingkungan sekitar dari genangan air yang bisa menjadi pertumbuhan jentik nyamuk DBD. "Fogging itu sifatnya pencegahan sementara. Langkah yang paling tepat adalah dengan 3M," katanya. Irfan Fikri

Tidak ada komentar: