Rabu, 19 Maret 2008

RSUD Tangerang Rawat Bayi Lahir Tanpa Dinding Perut

| Tangerang | Sabtu, 08 Mar 2008


Sejak Kamis (6/2) malam, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang merawat bayi bernama Siti Fatimah, warga Manungtung RT 02/RW 02 Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Fatimah lahir tanpa dinding perut. Saat ini kondisi Fatimah si jabang bayi kritis dan dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat RSUD Tangerang.

Direktur RSUD Tangerang Makentur JN Mamahit mengatakan, bayi perempuan perempuan malang mengalami Gastroschizes atau usus yang keluar. “Dinding perutnya tidak ada sehingga isi perutnya terburai,” ujar Mamahit, kemarin.

Menurut Mamahit, bayi seberat 1,6 ons, terlahir tanpa dinding perut, usus bayi keluar karena pembentukan dinding perut tidak sempurna. Itu terjadi saat proses pertumbuhan bayi dalam kandungan terhambat. Mengenai peyebab hal tersebut, tutur Mamahit, hal itu bisa terjadi lantaran ketika ibu bayi tersebut mengandung di usia kandungan 3 bulan pertama memakan atau meminum sesuatu yang akhirnya merusak janin.

Nuriyah (18), ibu bayi malang tersebut bercerita, dirinya melahirkan bayi perempuan dengan usus terburai di luar dinding perut. Bayi lahir normal pada Selasa (4/3) jam 11.00 di Rumah Sakit As-Shobirin, Tangerang, “Namun belum bisa buang air besar normal. Fatimah buang air besar lewat hidung,” tutur Nuriyah Untuk meringankan beban dan penderitaan anaknya ia berharap para dermawan sudi membantunya.

Irfan Fikri

Tidak ada komentar: