Rabu, 19 Maret 2008

Musim Kemarau Mulai April

| Tangerang | Senin, 17 Mar 2008

Badan Meteorologi dan Geofisika memperkirakan, musim kemarau 2008 akan
masuk pada awal April mendatang. Musim kemarau berlaku pada wilayah Jakarta secara keseluruhan, Tangerang bagian utara, Kota Tangerang, serta sebagian wilayah di Cilegon, Pandeglang Provinsi Banten. "Kemarau pada awal April nanti, Musim kemarau akan berlangsung selama 250 hari atau sejak 1 April-10 Desember 2008," kata Umi Farida, Kepala Bagian Pelayanan Informasi BMG Wilayah II Ciputat, Tangerang, akhir pekan lalu.

Selama musim kemarau tahun ini diperkirakan di atas normal. Artinya, meski sudah masuk musim kemarau namun hujan akan sesekali turun. Hal ini karena tingginya suhu permukaan air laut yang mencapai 28-29 derajat celsius. Karena kemarau masuk dalam kategori di atas normal yang sesekali turun hujan. Umi mengatakan, tingkat kelembaban tanah akan tinggi mencapai kisaran 65-100 persen tingkat kelembaban tanah. "Tanah yang lembab sangat memudahkan suburnya jentik nyamuk. Memasuki bulan April diharapkan warga waspada pada penyakit pernapasan," tuturnya.
Musim kemarau 2008 nanti tergolong lama, untuk itu BMG juga meminta kepada para petani yang mengandalkan curah hujan agar menjaga pola tanam. "Harus ada kesiapan yang cukup baik bagi waduk-waduk dalam menghadapi musim kemarau tahun ini," kata Umi.

Irfan Fikri

Tidak ada komentar: