Kamis, 03 April 2008

Tangerang Luncurkan Kartu Miskin


Pemerintah Kota Tangerang kemarin secara resmi meluncurkan 63.093 kartu multiguna, di Dinas Kesehatan. Program Kartu Multiguna adalah pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan bagi warga miskin. Dana yang dikucurkansebesar Rp6,7 miliar. Wali Kota Tangerang Wahidin Halim secara simbolis menyerahkan kartu multiguna.

Wahidi mengatakan, kartu multiguna nantinya tidak hanya untuk bidang kesehatan saja, tapi juga pendidikan. "Bahkan dari kartu multiguna tersebut, bisa juga untuk membagikan zakat fitrah maupun qurban," katanya.

Dana program kartu multiguna sebesar Rp6,7 miliar meliputi bidang kesehatan mencapai Rp4 miliar, dan bidang pendidikan sebesar Rp2,7 miliar, yang dianggarkan dari APBD 2007, dengan masa pelaksanaan hingga Juli 2008.

Jumlah warga miskin yang akan mendapatkan Kartu Multiguna sesuai data Badan Pusat Statistik mencapai 31.254 kepala keluarga ditambah masyarakat rentan ekonomi sebanyak 63.093 kepala keluarga.

Wahidin mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang berupaya melaksanakan kebijakan pemerintah pusat untuk membuat program mengentaskan masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan serta peningkatan derajat gizi balita di daerah.

Tujuan program kartu multiguna untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dan memudahkan akses bagi masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana dasar termasuk air minum serta sanitasi.

Selain itu, kartu tersebut berfungsi seperti kartu asuransi kesehatan keluarga miskin (Askeskin) dan kartu rentan. Untuk mempelancar program tersebut, Tangerang sudah bekerja sama dengan 11 rumah sakit sebagai rujukan.

Kepada rumah sakit yang telah bekerja sama, Wali Kota mengingatkan untuk selalu berperan dalam menyosialisasikan program kartu multiguna. "Jangan dimahal-mahalin. Mentang-mentang dibiayai oleh pemerintah," ujar Wahidin.

Wali Kota pun mengingatkan program multiguna ini bukanlah kampanye menjelang pemilihan kepala daerah, melainkan program Pemerintah Kota dan DPRD Kota Tangerang. "Program ini murni untuk kemaslahatan masyarakat," tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Lili Indrawati menambahkan, di tahun
2007, telah dicetak kartu multiguna sebanyak 45.800 dengan total anggaran Rp500 juta. Sedangkan tahun 2008, dilakukan pencetakan sebanyak 17.293 dengan nilai anggaran Rp 185 juta. "Jadi kartu multiguna yang kami luncurkan 63.093 dan pemegang kartu
adalah setiap kepala keluarga," ujar Lili.

Sementara itu, salah satu warga Tanah Seratus RT 02/2 Kelurahan Tanah Seratus Kecamatan Larangan Kota Tangerang, Khoirullah (30) merasa terbantu dengan adanya program kartu itu. Apalagi saat ini biaya pemeriksaan kesehatan cukup tinggi di sejumlah rumah sakit di Tangerang.

Irfan Fikri

Tidak ada komentar: